KPUD Kabupaten Puncak Menetapkan Pelinus Balinal Pengganti Wakil Bupati

KPUD Kabupaten Puncak Menetapkan Pelinus Balinal Pengganti Wakil Bupati

Jakarta, Mediakreasinews –
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Puncak, Papua. Menetapkan Pelinus Balinal, S.Sos.,AG. mengganti calon wakil bupati terdahulu Alus Uk Murib, SE. Karena secara sah bersalah melakukan Tindak Pidana menggunakan ijasah palsu sebagai syarat pencalonan Wakil Bupati Pilkada Kabupaten Puncak.

Dengan demikian, Pelinus akan mendampingi Willem Wandik selaku Calon Bupati (Cabup) Petahanan di Pilkada Puncak 2018 mendatang.

” Rapat pleno terbuka di Jakarta dan menetapkan Willem Wandik SE, M.Si dan Pelinus Balinal, S.Sos., AG sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Puncak tahun 2018.” Ucap Ketua KPUD Puncak, Erianus Kiwak, Rabu malam (23/5/18).

Willem Wandik berpasangan dengan Alus UK Murib sebagai peserta Pilkada Puncak tahun ini. Sebelum terjadi pemalsuan ijasah, Willem-Alus didukung sembilan parpol yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Puncak dengan jumlah 23 kursi.

Namun, Alus telah terbukti di pengadilan dalam perkara pemalsuan ijazah. Hal ini berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jayapura tanggal 7 Mei 2018 lalu.

Oleh karena itu, koalisi pendukungnya pun mengajukan Pelinus sebagai pengganti Alus kepada KPUD Kabupaten Puncak pada 16 Mei 2018. Tepatnya, setelah sembilan hari setelah putusan Pengadilan Tinggi Jayapura dibacakan.

Menurut Erianus, pengajuan Pelinus sebagai pendamping baru Willem telah memenuhi syarat dan proses administrasi, sesuai dengan peraturan yang ada.

“Artinya Calon Bupati tetap pak Willem, Calon Wakil Bupati Pak Pelinus, masih Paslon tunggal. Besok (Kamis, 24 Mei 2018) diserahkan. Kami sudah komunikasi dengan KPU RI,” pungkas Erianus. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply