Kasal Meresmikan Taman Makam Bahagia Warga TNI AL

Kasal Meresmikan Taman Makam Bahagia Warga TNI AL

Bogor, Mediakreasinews –
Kepala Staf Angkatan Laut Republik Indonesia, Laksamana Siwi Sukma Adji, SE, MM meresmikan makam Taman Makam Bahagia Warga TNI AL Wilayah Barat, di daerah Jonggol, Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/8/18).

KSAL dalam sambutannya, Taman Makam Bahagia Keluarga Besar TNI AL ini memiliki luas lahan 6,63 Hektar, memiliki sarpras seperti penjagaan, gedung transit, crematorium, pendopo, dilengkapi dengan gapura dan pagar yang kokoh, serta pembagian komplek pemakaman Islam, Kristen Protestan dan Katholik, Hindu, maupun bagi prajurit dan keluarganya yang beragama Budha. Selain itu pemakaman ini juga memiliki lahan parkir yang cukup representatif seluas 400M2, bagi keluarga pengiring jenazah, maupun keluarga yang akan berziarah.

“Dengan luas 6,63 Hektar, komplek pemakaman ini diperkirakan mampu menampung sampai dengan tahun 2129 atau selama 111 tahun, dengan asumsi 100 makam setiap tahunnya.” Tutur Laksamana Siwi saat memberikan sambutan.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., melanjutkan bahwa, Pemakaman ini merupakan wujud perhatian dan penghargaan serta penghormatan kepada para personil TNI Angkatan Laut beserta keluarganya yang telah meninggal.

“Untuk itu dengan diresmikan kompleks makam ini, diharapkan dapat menyediakan lahan pemakaman berfasilitas lengkap dan layak, dikhususkan bagi keluarga besar TNI Angkatan Laut wilayah Barat sesuai dengan ketentuan, dan pada akhirnya diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan bagi para prajurit TNI Angkatan Laut dan keluargannya. Selain itu juga pemakaman ini tidak dipungut biaya tahunan dan perawatan karena di bawah pengelolaan Lantamal III Jakarta”, ucap Kasal.

Di tempat yang sama, Komandan Lantamal III, Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E, M.M, melaporkan, makam Taman Makam Bahagia Keluarga Besar TNI AL ini memiliki luas lahan 6,63 Hektar, revitalisasi dilaksanakan PT Tiga Samudra dan mendapat dukungan dana CSR dari Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI.

” Revitalisasi taman makam oleh PT Tiga Samudra meliputi, pembangunan turap, gapura, pagar, dan lapangan parkir seluas 400/m2, dan penataan makam. Semua di kerjakan oleh jajaran Lantamal III. Serta mendapat dukungan dana dari CSR Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI.” Ujar Laksama Pertama TNI Denih Hendrata, SE, M.M.

Kasal menandatangani prasasti peresmian renovasi empat unit Rumah Dinas (Rumdis) Marinir, kemudian secara simbolis menyerahkan alat-alat yang dapat menunjang operasional komplek pemakaman tersebut kepada Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E, M.M. Termasuk satu unit Mobil Kereta Merta, Mobil Pick Up, maupun material penunjang lainnya, serta penyerahan tali asih pada keluarga besar prajurit TNI AL.

Turut hadir dalam kesempatan ini para mantan Kasal antara lain, Laksamana TNI (Purn) Tanto Kuswanto, Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Pelaksana Pusat Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana Madya TNI (Purn) Djoko Sumaryono beserta para pengurus PPAL, para Asisten Kasal, para pemimpin Kotama TNI AL di wilayah Jakarta, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, serta pejabat terkait lainnya. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply