Peran Digital Technology Pada Era Revolusi Industri 4.0

Peran Digital Technology Pada Era Revolusi Industri 4.0

Jakarta, mediakreasinews.com – Transformasi digital, istilah yang mengelola bisnis secara tradisional dan mulai implementasikan beragam aspek teknologi ke dalam bisnisnya.
Revolusi industri 4.0 tak hanya ramai jadi perbincangan di dunia usaha tapi gaung soal industri generasi keempat ini juga terus dibahas di Indonesia.

Apalagi sejak Presiden Joko Widodo meresmikan peta jalan atau roadmap yang disebut dengan Making Indonesia 4.0. Presiden berharap, sektor lndustri 4.0 tersebut bisa menyumbang penciptaan lapangan kerja yang lebih banyak serta mendorong lebih banyak investasi dan inovasi baru yang berbasis teknologi. lmplementasi industri generasi keempat itu tentunya harus diikuti dengan pembentukan ekosistem yang sehat dan berkesinambungan, agar efektif dan dapat menggerakkan seluruh sektor ekonomi di lndonesia.

Sekertaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Sadjan mengatakan, ekonomi digital ini suatu keniscayaan, disetiap negara berhadapan dengan yang namanya ekonomi digital.

“Mereka pelaku usaha dalam konteks kinerja dunia usaha itu secara positif berpartisipasi menyiapkan produk-produk industri yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Agar dikenal oleh masyarakat, setelah dikenal akan tercipta suatu literasi kepada masyarakat yang tadinya tidak tahu dan menjadi tahu dan mendukung, serta akan berpengaruh pada aspek-aspek kehidupan dalam bentuk kegiatan ekonomi masyarakat.” Ucap Sadjan kepada awak media. Di Ruang Serbaguna, Kemkominfo, Jakpus, selasa (25/9/18).

Ditempat yang sama, Alex Budiyanto selaku Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing lndonesia berharap, acara ini bisa membantu perusahaan untuk lebih memahami mengenai teknologi yang ada saat ini.

“Tehnologi yang akan menjadi tren kedepan harus diketahui, sehingga akan membantu perusahaan untuk memilih dan merencanakan teknologi yang tepat, efektif dan efisien dalam menunjang proses bisn’is perusahaan sehingga bisa bersaing di era industri 4.0.” Ujarnya saat konperensi pers

Sementara itu, Soegiharto Santoso selaku Ketua Umum APTIKNAS menyampaikan bahwa event ini juga untuk mengedukasi kepada keberadaan 25 DPD APTlKNAS dari Aceh hingga Jayapura, agar mereka bisa berusaha untuk siap melakukan transformasi digital menuju ke era industri 4.0.

“Kami menyadari bahwa diperlukan kerjasama seluruh pihak stakeholder dan industri beserta Kementerian terkait. Termasuk dosen dan akademisi, sehingga kedepannya seluruh DPD APTlKNAS dapat menjadi mitra pemerintah daerah masing-masing, sekaligus menjadi mitra vendor – vendor produk TIK dalam hal melakukan transformasi digital, dimana hal tersebut sejalan dengan 3 fokus utama APTIKNAS. yaitu Smart City, E-commerce dan Digital Agency. ” jelas Hoky sapaan akrab Ketua Umum APTIKNAS

Perlu diketahui, seminar Asosiasi Cloud Computing lndonesia (ACCl) & Asosiasi Pengusaha Teknologi lnformasi dan Komunikasi Nasional (APTlKNAS) bersama Antheus Indonesia akan menyelenggarakan acara Digital Technology lndonesia yang disingkat DlGlTECH Indonesia yang rencananya akan diadakan pada hari Rabu, 28 November 2018 bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC) Gatot Subroto, Jakarta. Adapun tema pada kegiatan tahun ini adalah “Digital Transformation & Industry 4.0”. ( edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply