BIG Tingkatkan Mutu Layanan Publik dengan Desain Web Lebih Menarik

BIG Tingkatkan Mutu Layanan Publik dengan Desain Web Lebih Menarik

Cibinong, Mediakreasinews.com –
Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan pembaruan website baru, Jumat (30/11/2018) di Cibinong, Jawa Barat. Website tersebut merupakan persona yang mewakili lembaga untuk melayani kebutuhan informasi publik 7 x 24 jam. Untuk itu, desain situs harus dibuat menarik mengikuti perkembangan di bidang teknologi informasi.

Menurut Ir. Muhtadi Ganda Sutrisna, ME mengatakan, Badan Informasi Geospasial (BIG) telah menyeIesaikan desain terbaru dari situs utama dan jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Sebagai bagian dari Iayanan informasi publik, kedua wadah informasi BIG di dunia maya tersebut harus diketahui oleh stakeholder dan masyarakat Iuas.

“Desain situs utama dan JDIH yang baru kami buat lebih menarik mengikuti perkembangan di bidang teknologi informasi,” ucap Sekretaris Utama BIG Muhtadi Ganda Sutrisna.

Muhtadi menambahkan, situs tersebut juga dilengkapi dengan kolom pengajuan kunjungan untuk memudahkan setiap institusi yang ingin mengenal lebih jauh wajah Indonesia lewat pemetaan yang dikerjakan oleh BIG.

“Terdapat menu di website tersebut Governement Public Relation (GPR) sebagai bentuk dukungan BIG terhadap berbagai kegiatan kehumasan yang dilaksanakan oleh pemerintah. ” lanjut Muhtadi dihadapan awak media.

Hukum dan Perundang undangan

Menurut Drs. Yasmon M.L.S menjelaskan, Sebagai bagian dari kesatuan jaringan situs BIG, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (IDIH) menyediakan seluruh dokumentasi dan informasi mengenai peraturan perundang undangan mengenai informasi geospasial hingga keputusan pimpinan BIG. Kategori produk hukum BIG secara umum terbagi atas dua produk hukum besar, yaitu peraturan perundang undangan dan naskah dinas.

“Pembaruan dari JDIH antara Iain pengintegrasian JDIH dengan jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional sehingga akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses dokumentasi dan informasi hukum di BIG. Dengan kata lain, dengan mengakses JDIH BIG, pengguna dapat masuk ke dalam jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional atau pun sebaliknya.” Ujar Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional ini.

Kini JDIH BIG teIah terintegrasi dengan sistem single Sign on sehingga seluruh pegawai BIG dapat mengakses seluruh dokumen hukum. Bahkan informasi yang dikecualikan meliputi informasi yang patut dirahasiakan dan memiIiki tingkat urgensitas tinggi dapat diakses pegawai BIG.

Perlu di ketahui Situs Utama BIG dapat diakses di aIamat www.big.go.id. Sementara JDIH BIG dapat diakses lewat aIamat www.jdih.big.go.id. Pembaruan keduanya merupakan bukti keseriusan BIG dalam meningkatkan mutu Iayanan informasi publik dalam penyelenggaraan informasi geospasial. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply