Progres LRT Jabotabek Antara Biaya Konstruksi dan Integrasi Antar Moda

Progres LRT Jabotabek Antara Biaya Konstruksi dan Integrasi Antar Moda

Jakarta, mediakreasinews – Pembangunan Light Rail Transit (LRT) mencapai proses konstruksi 58,3 persen. Sesuai dengan penugasan PT. Adhi Karya  pada Peraturan Presiden No. 98 Tahun 2015 proyek tahap 1 tersebut mulai di Garap sejak september 2015 dengan nilai pekerjaan sebesar Rp22,8 triliun termasuk pajak dan akan rampung pada Maret 2021.

Menurut Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) Budi Hartono mengatakan bahwa kemajuan pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek telah mencapai 58,3 persen. Secara keseluruhan mengalami peningkatan dari yang sebelumnya mencapai 56 persen.

“Saat ini sudah mencapai 58 persen. Masih ada kendala pembebasan lahan untuk Depo,” ujarnya saat ditemui di Hotel Grandhika, Jakarta, hari Jumat (15/2/2019).

Direktur Operasional II PT Adhi Karya, Pundjung Setyabrata menyampaikan bahwa progres pembangunan masing-masing rute LRT Jabodebek berbeda-beda.

Pundjung memaparkan, Jalur lintas pelayanan pertama, cawang – Cibubur mencapai 78,5 persen, berikutnya jalur lintas pelayanan kedua, cawang – kuningan mencapai 46,1 persen selanjutnya jalur lintas pelayanan ketiga cawang – bekasi timur mencapai 52,8 persen dengan total panjang proyek 44 kilometer (km).

“Mudah-mudahan Maret selesai, April konstruksi di depo ini 10 hektar. Lima hektar lahan negara ditempati masyarakat dan lima hektar milik publik,” paparnya.

Sementara masalah dalam pembebasan lahan, kata Punjung, salah satunya terjadi di lokasi pembangunan Depo LRT Depok. Untuk pembebasan lahan yang disiapkan pembangunan sejumlah depo, termasuk di wilayah Dukuh Atas, bisa diselesaikan pada Maret 2019 mendatang.

“Sehingga bulan Juli 2020 diharapkan kita sudah bisa Test LRT. Jadi (test) ini masih menggunakan masinis di Juli 2020,” katanya.( Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply