Perjanjian Kerja Sama antara BIG dengan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

Perjanjian Kerja Sama antara BIG dengan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah

Cibinong, Mediakreasinews –
Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan kerja sama dengan berbagai instansi dan daerah untuk menjawab berbagai kebutuhan akses penyelenggaraan, pengembangan, pemanfaatan data dan Informasi Geospasial yang bisa terpenuhi dan bersama pihak lain.
Maka diadakan penandatanganan MoU dan PKS dilaksanakan antara BIG dengan 24 instansi, yaitu : 18 Kabupaten, 5 Kota, dan 1 K/L. Adapun K/L dan Pemda yang mengadakan MoU dan PKS dengan BIG yaitu: Kab. Bolaang Mongondow, Kota Bogor, Kota Mojokerto, Kota Padang, Kab. Sampang, Kab. Sikka, Kab. Natuna, Kab. Pasaman, Kab. Solok Selatan, Kota Binjai, Kab. Musi Rawas, Kab. Pulang Pisau, Kab. Rejang Lebong, Kab. Sabu Raijua, Kab.Way Kanan, Kab. Labuhanbatu Selatan, Kab. Kepulauan Anambas, Kab. Garut, Kab. Ngada, Kab. Bungo, Kab. Lampung Selatan, Kab. Lampung Timur, Kota Balikpapan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud.

Menurut Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hasanuddin Zainal Abidin mengatakan, perjanjian kerja sama ini menyangkut batas wilayah daerah, simpul jaringan geospasial, pemetaan skala 1 : 5000 dan kebutuhan lahan serta sumber daya.

” Perjanjian Kerja Sama (PKS) kali ini untuk penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah termasuk pemahaman peta geospasial. MOUnya umum sedangkan PKS masing – masing kepala daerah. Sudah 47 kabupaten/ kota yang sudah terjalin simpul peta geospasial dari 500 an pemerintah. ” ucap Kepala BIG saat diwawancarai oleh awak media, di Komplek Badan Informasi Geospasial, hari kamis (21/2/19).

Hasan melanjutkan, target simpul jaringan geospasial seluruh Indonesia secepatnya akan di laksanakan.

” BIG menyiapkan infrastruktur jaringan simpul network geospasial dan jaringan fiber optic sampai ke daerah timur Indonesia. Serta penyiapan SDM untuk pemahaman peta geospasial, termasuk para pimpinan daerah dapat paham peta di wilayah masing – masing. Karena pemahaman peta skala 1: 5000 sangat diperlukan oleh setiap kepala daerah. Ini menyangkut lokasi dan batas daerah, kegunaan tanah dan kejadian bencana setiap daerah.” Imbuhnya.

Di tempat yang sama, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow turut hadir memberikan sambutan. Semoga BIG dengan instansi lain dapat terjalin dengan baik. Dan di masa depan akan terbentuk Iebih banyak Iagi kerja sama yang dapat membangun IG agar lebih maju. Sehingga penyelenggaraan IG dapat terintegrasi dengan baik, dan pemanfaatannya dapat dirasakan secara menyeluruh di Indonesia. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply