Dana Otsus Untuk Papua Tidak Sampai, Ikuti Saran Rizal Ramli

Dana Otsus Untuk Papua Tidak Sampai, Ikuti Saran Rizal Ramli

Jakarta, mediakreasinews.com – Isu rasial yang dialami saudara kita asal Papua di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya telah berdampak pada meluasnya demonstrasi secara besar-besaran di Bumi Cendrawasih. Persoalan itu memang menambah pedih perasaan saudara-saudara kita di Papua. Karena persoalan Hak- hak Ekonomi, Sosial dan Budaya (Hak-hak EKOSOB) yang belum terpenuhi dan kekerasan di daerah berjulukan Mutiara Hitam dari Indonesia Timur itu masih terus terjadi.

Rizal Ramli (RR) salah satu menteri di jaman pemerintahan Gus Dur menggelar diskusi membahas kehidupan masyarakat Papua yang dinilainya belum mendapat kesejahteraan seutuhnya. Bertempat di kawasan tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/8) diskusi tersebut dihadiri oleh beberapa aktivis Papua juga.

Rizal menuturkan, masyarakat Papua memerlukan sokongan dana subsidi untuk menunjang kehidupan. Adapun dana subsidi itu menurut beliau berasal dari pemerintah untuk Papua yang diketahui sebesar 62 triliun rupiah.

Lanjut Rizal, pemberian dana subsidi kepada masyarakat Papua, jika bisa diterapkan seperti di Alaska kepada masyarakatnya. Penduduk Alaska mendapat bantuan dari pemerintah setempat melalui ATM setiap bulan.

“Jika Pemerintah pusat berkeinginan penduduk papua sejahtera lakukan seperti Alaska dengan penduduk asli Indian.Ternyata di daera tersebut banyak gas, banyak minyak bumi, karena banyak hasil sumber daya tersebut, maka setiap penduduk Alaska di berikan ATM, setiap bulan langsung ditransfer subsidinya dari pemerintah setempat,” jelas Rizal Ramli, saat dihapan para awak media.

Untuk itu Rizal Ramli menyampaikan bahwa ia akan meminta pemerintah menerapkan sistem subsidi seperti di Alaska untuk warga Papua.

Lebih rinci Rizal menjelaskan, jika subsidi pemerintah sebesar Rp 62 triliun itu dibagi kepada 3,5 juta penduduk Papua, setidaknya setiap warga Papua akan menerima uang subsidi sebesar Rp 17,7 juta per bulan.

“Jadi lebih bagus kita kasih ATM saudara-saudara kita di situ, setiap bulan terima subsidi berapa juta, sehingga mereka bisa hidup lebih baik,” rinci Rizal. (edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply