Persatukan keragaman bangsa Indonesia dengan Kasih

Persatukan keragaman bangsa Indonesia dengan Kasih

Jakarta, mediakreasinews.com – FGD (Focus Disscusion Grup) Divisi Humas Polri, dilaksanakan kembali dengan tema ” Merajut kebhinekaan menuju Indonesia maju”. Kegiatan berlangsung di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

FGD dihadiri oleh Irjen Pol. Muhammad Iqbal S.I.K, M.H Kepala Divisi Humas Polri menegaskan keberagaman yang dianugerahkan Tuhan YME kepada bangsa Indonesia, perlu dirawat dan diayomi oleh seluruh warga negara.

“Kebhinekaan adalah anugerah bagi bangsa ini dan sangat luar biasa. Dalam pandangan saya bila hal ini diabaikan akan menjadi peluang konflik. Keberagaman ini harus dipertahankan”, jelas Iqbal saat membuka FGD Divisi Humas Polri.

Untuk itu lanjutnya, Kepolisian RI mengagas kegiatan FGD sebagai upaya mengayomi kebhinekaan bangsa. Selain itu FGD ini juga bertujuan sebagai langkah kepolisian menciptakan ketertiban masyarakat menjamin pengayoman demi terciptanya keamanan.

Narasumber yang lain, Lenis Kogoya Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua menegaskan bagaimana cara mempersatukan keragaman bangsa. Baginya mempersatukan keberagaman bangsa harus dimulai dengan rasa mengasihi sesama.

“Untuk membangun bangsa Indonesia harus dimulai dengan rasa mengasihi antar sesama manusia. Rasa mengasihi itu dapat diraih dilingkungan kecil keluarga”, tutur Lenis.

Lebih lanjut dikatakannya, keluarga adalah tempatnya membangkitkan rasa mengasihi. Keluarga tentunya akan menerapkan pola pendidikan kasih pada anggota keluarga dan putra putrinya.

Sila Kelima

Selain mempersatukan bangsa melalui kasih, Lenis juga menggambarkan pelaksanaan sila kelima Pancasila yang saat ini dirasakan oleh masyarakat Papua. Menurutnya sila kelima “keadilan” dipemerintahan Jokowi telah terlaksana di wilayah Papua.

“Program sila kelima telah masuk ke pedalaman papua. Saya sampaikan, di Papua di kampung saya kondisi jalannya sudah beraspal. Selain perubahan struktur jalan, harga bbm juga murah”, imbuh Lenis.

“Presiden Jokowi melaksanakan infrastruktur di seluruh Papua. Dari Nabire ke Sorong itu tembus aspal. Kemudian begitu juga dari Merauke ke Bovendigul sudah bisa dicapai dengan jalan darat”, ucapnya.

Bukan itu saja, saat ini, lanjutnya, sebanyak 20 ribuan anak Papua telah mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Jumlah anak Papua tersebut kini mendapat beasiswa pendidikan dari Pemerintah. Dengan perhatian khusus tersebut, ia menyakini, kedepan, putra putri Papua akan berkontribusi optimal membangun Bangsa Indonesia.

FGD yang berlangasung dikawasan Kemang Jakarta Selatan ini turut dihadiri jajaran petinggi Humas Polri. Hadir pula ormas FKPPI, PP, dan mahasiswa. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply