Sri Puguh Budi Utami : Penyakit Hepatitis C Banyak Diidap di Kalangan Napi

Sri Puguh Budi Utami : Penyakit Hepatitis C Banyak Diidap di Kalangan Napi

Jakarta – mediakreasinews.com – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM melaksanakan diseminasi hasil tes Hepatitis C bagi tahanan dan narapidana di wilayah DKI Jakarta serta penyuluhan tes Hepatitis C bagi petugas serentak di seluruh Indonesia lewat teleconference. Bertempat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jl. Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (19/09).

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, dalam kesempatan itu mengatakan di Lapas dan Rutan, selain TBC, Hepatitis C menjadi penyakit yang membutuhkan konsentrasi penanggulangan dan penyembuhan karena itu dilaksanakan diseminasi tes Hepatatis C bagi tahanan dan Narapidana di Wilayah DKI Jakarta. Penyuluhan dan tes Hepatitis bagi petugas Pemasyarakatan serentak seluruh indonesia melalui video conference.

“Seluruh napi yang di cek kesehatannya yang ada di Lapas dan Rutan prevalensinya melebihi dari nasional, sedangkan kalau tingkat nasional untuk hepatitis C 1,01 persen. Sedangkan di tempat kita mencapai 5,9 persen, ya tinggi ini,” ucap Sri Puguh.

Sebagaimana diketahui Ditjen Pas dan Upt DKI telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 17 ribu tahanan di 7 Lapas DKI Jakarta, dari 28 Juni hingga 28 Agustus 2019.Hasilnya, 5,9 persen narapidana terjangkit hepatitis C.

Hal ini sangat memprihatinkan sebut Sri Puguh, bahwa setelah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap 17.400 narapidana yang dilaksanakan Ditjen PAS bersama UPT DKI Jakarta digelar di 7 lapas dan rutan yang ada di Jakarta.

Nantinya, bila anggaran kesehatan yang kami miliki tidak mencukupi, kami akan memanfaatkan kerjasama dengan Kemenkes dan mitra kerja.”Menangani kesehatan tahanan dan napi penting dan strategis untuk dilakukan di upt-upt diluar DKI, sehingga hal ini menjadi contoh bagi daerah untuk bisa melakukan penguatan yang lainnya bahwa pentingnya kesehatan sebagai modalitas di dalam pembangunan,” imbuhnya. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply