Para Alumni FIA Universitas Brawijaya Kampanyekan “Plastik Kadit Mbois”

Para Alumni FIA Universitas Brawijaya Kampanyekan “Plastik Kadit Mbois”

Jakarta, mediakreasinews.com – Sampah plastik telah menjadi masalah lingkungan berskala
global. Kantong plastik membutuhkan waktu sekitar 10-12 tahun untuk dapat terurai dan 500 tahun bagi styrofoam untuk dapat terurai dengan baik. Penanganan sampah plastik sekali pakai ini
belum menemui titik yang sempurna yang dapat menjaga kelestarian dan kelangsungan bumi.
Limbah sampah plastik sekali pakai oleh masyarakat banyak yang hanya dibakar. Saat sampah dibakar,
gas karbondioksida akan memacu timbulnya efek rumah kaca dan juga merusak lapisan bumi atau ozon serta dapat memicu sel kanker bagi kesehatan.

FIA FUN DAY atau disingkat FFD merupakan lkatan Alumni Fakultas llmu Administrasi Universitas Brawijaya. Dan FFD merupakan agenda rutin tiap tahun. Tahun 2019 merupakan tahun ke 10 FFD dilaksanakan.

Dida Sarkan sebagai Ketua FIA Universitas Brawijaya, mengatakan, FIA FUN DAY atau disingkat FFD merupakan lkatan Alumni Fakultas llmu Administrasi Universitas
Brawijaya. Tahun ini mengangkat tema “Plastik Kadit Mbois” sebuah ungkapan dalam Bahasa Malang yang mencerminkan bahwa penggunaan plastik sekali pakai tidak menunjukkan perilaku yang unggul.

” Tema yang diusung tahun ini untuk FIA Fun Day “Plastik Kadit Mbois”, Rangkaian kegiatan hari ini untuk perilaku gaya hidup mengurangi
plastik sekali pakai. Diaplikasikan lewat talkshow dengan tema ”Dampak Penggunaan Plastik Sekali Pakai Terhadap Lingkungan Hidup”. Bersama Narasumber dari Akademisi, Aktivis Lingkungan Hidup dan Pelaku
Usaha.” ucap Dida Sarkan saat ditanya awak media, di Villa Delima, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (29/9).

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian alumni dan masyarakat untuk mengurangi
penggunaan sampah plastik sekali pakai. Serta meminimalisir
eksternalitas negatif penggunaan kantong plastik bagi lingkungan hidup dan memberikan edukasi
kepada Mahasiswa dan Alumni Universitas Brawijaya. ” Imbuhnya.

Kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Prof Bambang Supriyono, mengatakan, Kampus mendukung kegiatan menjaga kelestarian lingkungan dengan tema “Plastik Kadit Mbois” ini, yang dapat mereduksi pemakaian plastik sekali pakai.

” Pihak Universitas sangat mendukung kegiatan diskusi dan kampanye lingkungan hidup dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Karena dengan ketelibatan alumni dan didukung kampus, kegiatan ini pasti sangat bermanfaat.” Jelas Prof Bambang ini saat diminta tanggapan dengan acara ini.

“Tapi yang sangat perlu ditekankan surat edaran yang dikeluarkan oleh KLH terkait pengurangan pemakaian plastik ini, pengaruhnya tidak mengikat sampai ke masyarakat. Jika surat edaran tersebut ditingkatkan hingga peraturan pemerintah dan kalau dirasa membahayakan penggunaan plastik ini bisa saja mencapai Undang – Undang.” Ujar Prof Bambang.

Kegiatan FIA Fun Day yang dilakukan hari ini dibidang lingkungan hidup harus berguna untuk FIA sendiri kemudian Universitas Brawijaya dan kalau bisa mencapai nasional. (Edo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply