Kepala BP2MI : Sikat dan Tuntaskan Sindikat Mafia Pekerja Migran Indonesia

Kepala BP2MI : Sikat dan Tuntaskan Sindikat Mafia Pekerja Migran Indonesia

Jakarta, mediakreasinews.com – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang dulu bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), mempunyai fungsi pelaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi. Sekarang dipimpin oleh Benny Rhamdani, seorang mantan aktivis 98.

Ditemui disela kesibukan yang padat, beliau sangat peduli dengan keadaan pekerja migran Indonesia yang ada di luar negeri. Bahwa banyak mafia TKI illegal yang tidak bertanggung jawab atas TKI yang dikirim.

“Kedepan, diruangan saya ini akan ada big screen yang menampilkan big data dari penempatan TKI, sektor kerja tujuan, tingkat pendidikan, hingga nama dan alamat tinggal daerah asal pekerja. Jika dulu pekerja migran dilindungi oleh negara, sekarang pekerja dan keluarga yang bekerja di luar negeri dilindungi oleh negara. Jadi jika ada oknum BP2MI, TNI, Polisi, dan oknum yang lain terlibat dengan pengusaha dalam sindikasi pengiriman TKI, ini merupakan tanda bahaya bagi negara ini. ” Ucap Benny dengan semangat, di kantor BP2MI, Selasa (23/06/2020).

Benny melanjutkan, seorang pekerja migran yang akan kerja keluar negeri akan dikenakan biaya transportasi ke bandara, biaya pendidikan dan latihan, dan biaya pengurusan paspor dan visa, serta biaya lainnya.

” Tanggal 17 Agustus tahun ini, saya (Kepala BP2MI) akan meresmikan satgas dan membebaskan biaya penempatan pekerja migran. Jadi tidak ada lagi biaya pendidikan dan latihan, serta biaya transportasi ke bandara dan tidak ada lagi biaya urus pasport dan visa, dan tidak ada lagi biaya meninggalkan keluarga. Pendidikan dan latihan akan di kerjakan oleh pemerintah daerah, sedangkan kepada pekerja yang mau keluar negeri urusan biaya ditanggung oleh perusahaan jasa TKI dan negara yang dituju.” Imbuh Benny, mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Sulawesi Utara.

Benny menyesalkan banyaknya kejadian menyangkut pekerja migran yang sangat miris. Berikutnya dalam masa kepemimpinan saya ini, permasalahan dan kejadian yang membuat miris, akan kami tumpas. (Red)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply