Pentingnya TAPERA untuk Seluruh Masyarakat

Pentingnya TAPERA untuk Seluruh Masyarakat

Jakarta, mediakreasinews.com – Rapat Dengar Pendapat Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) dengan Komisi V DPR RI terkait pembiayaan pembangunan rumah sederhana dan rumah sederhana sehat.

Ketua Umum Apersi, Junaidi Abdillah, mengatakan adanya sistem atau aplikasi perumahan. Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) dan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) yang diluncurkan Kementerian PUPR pada Desember 2019 lalu dinilai mubazir dan ternyata justru menyusahkan pelaku usaha.

“Sistem tersebut sering eror sehingga KPR tidak segera cair. Bahkan parahnya lagi data-data konsumen kerap hilang dari sistem yang pada akhirnya membuat pengembang tidak bisa segera menyalurkan rumah bersubsidi tersebut.” Ucap Junaidi, setelah selesai RDP dengan Komisi V DPR RI. Selasa ( 7/7/2020).

Kerap terjadi persoalan hingga ancaman pidana antara pengembang dengan konsumen. Padahal hambatan penyaluran perumahan ini terjadi karena sistem tersebut sering bermasalah.

“Kalau ini dibiarkan terus menerus bagaimana nasib MBR? Kalau pemerintah memang sudah nggak mampu memberikan subsidi, bilang saja, nanti biarkan perbankan dan pengembang berkreasi sendiri, sebab perumahan itu kan tanggung jawab pemerintah. Kita mau bantu malah dipersulit” Imbuhnya.

Sedangkan untuk TAPERA (Tabungan Perumahan Rakyat) Junaedi menuturkan, banyak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membutuhkan rumah dan kesulitan memproses kredit pemilikan rumah (KPR).

“Tapera ini berlaku untuk ASN itu pada tahun 2021, TNI Polri, BUMN dan BUMD itu tahun 2022, sementara masyarakat pekerja dan mandiri itu maksimal 7 tahun berikutnya. Menurut saya itu sangat lambat. Padahal kebutuhan perumahan kebanyakan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini yang butuh rumah. Kenapa harus ditunda? Jika masalah kepesertaan, bisa teknis mengatur hal tersebut. Karena kebutuhan rumah tidak bisa dipisahkan oleh karena status,” tuturnya.

Walaupun begitu, Junaedi optimis Tapera bisa menjadi solusi bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan agar lebih mudah lagi mendapatkan rumah sekaligus solusi bagi tingginya permintaan perumahan di Indonesia.

” Tapera merupakan salah satu solusi untuk mengurangi subsidi, jika hal tersebut dilakukan dengan benar dan sistimatis, yang diuntungkan seluruh masyarakat.” katanya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply