Putusan PKPU Pailit Kepada PT Hanson Internasional, Tbk

Putusan PKPU Pailit Kepada PT Hanson Internasional, Tbk

Jakarta, mediakreasinews.com – Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang diajukan terhadap PT Hanson International Tbk. Putusan tersebut disampaikan pada Kamis (5/3/2020). 

Putusan tersebut, berlangsung beberapa kali rapat pembahasan tentang rencana atau proposal perdamaian antara kreditur dan debitur. Bahkan terjadi beberapa kali Revisi Proposal Perdamaian yang intisari dari proposal yang ditawarkan tidak pernah berubah, hanya mempercantik penampilan dari proposal tersebut.

Proposal perdamaian yang diberikan oleh debitur kepada kreditur mulai dari saham hanya dengan nilai Rp.50,- yang telah disuspend dan terancam didelisting dari bursa saham hingga jaminan kasiba (kavling siap bangun) yang harus melalui proses pengangkatan dari sita.

Karena tidak ada jalan keluar, voting terlaksana pada hari Senin, 27 Juli 2020 yang berakhir dengan tidak memenuhi kuorum, sehingga Hakim Pengawas memberikan rekomendasi kepada Hakim Pemutus untuk menempuh jalan voting kedua. Tak perlu waktu lama, voting kedua pun terlaksana pada Selasa, 4 Agustus 2020. Pada voting terakhir ini pun ternyata hasil perolehan suara juga tidak memenuhi kuorum.

Putusan PKPU yang ditunggu untuk sebuah putusan penentu sekaligus akhir dari sebuah perjalanan panjang proses PKPU yang telah dijalankan. Para kreditur Hanson yang sangat menantikan sidang putusan pada siang hari itu. Akhirnya sidang segera dimulai oleh majelis hakim dengan membacakan pertimbangan hukum serta amar putusan yang menetapkan PKPU ini dihentikan dan menyatakan PT. Hanson International, Tbk. (dalam PKPU) dalam keadaan PAILIT dengan segala akibat hukumnya.

Jimmy Anthony, S.H., S.T., CTT., dari Kantor Advokat Budiman Siagian & Associates, menilai putusan majelis hakim sudah tepat dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU.

” Putusan ini diharapkan dapat menjadi Preseden dan sentilan terutama oknum debitur yang berlindung di balik PKPU. Apabila putusan berakhir PAILIT. Termasuk tidak dapat diajukan upaya hukum apapun termasuk Kasasi maupun Peninjauan Kembali sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 tahun 2004 Pasal 235 ayat (1), Pasal 285 ayat (4), dan Pasal 290. PKPU merupakan perdamaian dimana debitur bisa melanjutkan usaha dan kreditur mendapatkan hak mereka kembali. Namun proposal perdamaian yang ditawarkan harus terjamin dan tetap memerhatikan hak dari para kreditur yang notabene adalah investor debitur yang telah turut membangun usaha debitur. “Ucap Jimmy saat ditemui awak media di PN Pusat, Jalan Bungur raya, Rabu (12/8/2020).

Jimmy melanjutkan pernyataan, Aset dan saham yang dimiliki Perusahaan Induk (dalam hal ini PT. Hanson International, Tbk.), termasuk Perusahaan Anak dan Cucu merupakan objek harta pailit (boedel pailit) yang tunduk kepada tata cara pemberesan harta pailit.

” Harta pailit dari PT. Hanson International, Tbk, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 tahun 2004 Pasal 21 dan Pasal 24, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 3 ayat (1), dan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Pasal 40. ” imbuhnya menerangkan pasal pailit.

Sementara itu Elisa, salah satu nasabah Hanson yang mengikuti sidang putusan pailit PT. Hanson International, Tbk, merasa senang dan gembira dengan kemenangan ini.

” Ini adalah perjuangan para kreditur yang tidak mau menyerah. Akhirnya putusan sidang PKPU PT. Hanson PT. Hanson International, Tbk, PAILIT. Dan selanjutnya seluruh aset dan saham akan diinventarisir oleh kurator. Jika melihat asetnya dari laporan keuangan mencapai 11 Triliun, sedangkan utang kepada kreditur mencapai 2, 6 Triliun.” Ujar Elisa saat ditemui awak media.

Elisa melanjutkan bahwa, para kreditur akan mendapatkan informasi dari kurator, seluruh aset yang ada di PT Hanson Internasional,tbk.

“Kurator dan para kreditur akan membuat panitia yang menginventarisir seluruh aset dan termasuk akan melakukan lelang aset PT Hanson Internasional, Tbk. Jadi kurator harus bergerak cepat untuk menyita seluruh aset tersebut. ” pungkas Elisa.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply