Sidang Gugatan RUU HIP Ditunda lagi, Kuasa Hukum Presiden Tidak Muncul

Sidang Gugatan RUU HIP Ditunda lagi, Kuasa Hukum Presiden Tidak Muncul

Jakarta mediakreasinews.com— Hakim menunda sidang gugatan perwakilan kelompok (class action) mengenai gugatan RUU HIP dengan no. perkara 352/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst dikarenakan surat kuasa dari pihak tergugat Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) belum lengkap.

Disamping itu, Ketua Majelis Hakim mengatakan bahwa kuasa hukum dari Presiden Republik Indonesia sempat hadir (lapor kehadiran) namun tidak ada kesabaran untuk menunggu jadwal persidangan pada akhirnya tidak hadir (mengikuti persidangan).

Terkait penundaan sidang menurut Alamsyah Hanafiah, S.H, M.H, selaku Ketua Tim penggugat RUU HIP mengatakan, sidang ini berjalan masih dalam tahap administrasi. Dan bertele – tele, karena yang hadir disidang harus orang yang berwenang dan sah yang bisa mewakili lembaga tersebut.

“Perlu diingat tergugat satu adalah DPR RI, siapa yang bisa menyampaikan dan mewakili lembaga negara itu harus ada SK (surat kuasa), dan syarat administrasi harus jelas, karena mengatasnamakan mewakili lembaga negara,” ucap Alamsyah Hanafiah, saat ditemui awak media usai sidang, Kamis (17/09).

” Begitupula tergugat dua, kuasa hukum dari Presiden Republik Indonesia (dijelaskan Majelis Hakim hadir akan tetapi tidak hadir), karena tidak ada kejelasan maka akan diadakan pemanggilan kembali,” ujar Alamsyah Hanafiah.

Alamsyah Hanafiah menambahkan, karena persidangan tidak boleh orang bisa mewakili negara tanpa keabsahan, legal standing mewakili lembaga negara itu.

” Setelah itu barulah sidang dengan materi pembacaan, akan tetapi untuk mendamaikan para pihak yang berperkara terlebih dahulu melalui proses mediasi di pengadilan hal ini berdasarkan PERMA yang menyarankan dalam tenggang satu bulan terlebih dahulu mediasi, apabila belum memiliki titik temu maka ditambah sepuluh hari lagi jadi 40 hari bahkan bisa sampai empat tahun ( sampai ke MA),” pungkas Alamsyah Hanafiah.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply