Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim

Kode Etik dan  Pedoman Perilaku Hakim

Jakarta, mediakreasinews.com –
Pengadilan harus mandiri, netral (tidak memihak), kompeten, transparan, akuntabel dan berwibawa, yang mampu menegakkan wibawa hukum dan pengayoman hukum serta kepastian hukum dan keadilan merupakan “Conditio sine qua non” atau persyaratan mutlak dalam sebuah negara yang berdasarkan hukum.

“Pengadilan sebagai pilar utama dalam penegakan hukum dan keadilan serta proses pembangunan peradaban bangsa serta tegaknya hukum dan keadilan serta penghormatan terhadap keluhuran nilai kemanusiaan menjadi prasyarat tegaknya martabat dan integritas negara.” Tutur Edward Saragih, saat redaksi menerima rilisnya, Hari Senin (1/02/2021).

Hakim sebagai aktor utama atau figure sentral dalam proses Peradilan senantiasa dituntut untuk mengasah kepekaan nurani, memelihara Integritas kecerdasan moral dan meningkatkan profesionalisme dalam menegakkan hukum dan keadilan bagi rakyat banyak.

“Wewenang dan tugas yang dimiliki oleh hakim harus dilaksanakan dalam rangka menegakkan hukum, kebenaran dan keadilan tanpa pandang bulu. Serta tidak membeda-bedakan orang seperti diatur dalam lafal sumpah seorang hakim, dimana setiap orang sama kedudukannya di depan hukum (Equality Before The Law).” Terangnya.

Edward melanjutkan pernyataan, bahwa, “wewenang dan tugas hakim yang sangat besar itu menuntut tanggung jawab yang tinggi, sehingga putusan Pengadilan yang diucapkan dengan irah- irah ” Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa” menunjukkan kewajiban menegakkan hukum, kebenaran dan keadilan itu wajib dipertanggungjawabkan secara horizontal kepada semua nanusia, dan secara vertikal dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.” Imbuhnya.

Untuk mewujudkan suatu Pengadilan sebagaimana tersebut diatas, perlu terus diupayakan secara maksimal tugas Pengawasan secara internal dan eksternal, oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Komisi Yudisial Republik Indonesia.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply