Bamus Betawi Gandeng FWJ Jaksel dan GP Ansor Salurkan Makanan kepada Masyarakat

Bamus Betawi Gandeng FWJ Jaksel dan GP Ansor Salurkan Makanan kepada Masyarakat

Jakarta, mediakreasinews.com – Bertepatan dengan Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 / 2021 M, Badan Musyawarah Betawi Asli 1982 (BAMUS BETAWI 1982), menggelar kegiatan Jum’at Berkah dengan berbagi makanan siap saji yang dibagikan kepada jama’ah sholat jum’at. Forum Wartawan Jakarta Korwil Jakarta Selatan bersama GP Ansor Jakarta Selatan dan Forum Lintas Iman bersama berbagi makanan siap saji dan beras sekaligus sosialisasi 5M, dan pembagian masker kain di Masjid Guru Amin yang terletak di Jl. Raya Pasar Minggu No. 65 Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, (Jum’at, 12/2/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Harmoni dalam Toleransi Menjaga Negeri Melawan Pandemi” mengingatkan kita akan sosok Alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Bapak Tionghoa Indonesia yang didaulat oleh Komunitas Tionghoa Semarang pada Tahun 2014. Karena jasa beliau ketika menjabat Presiden RI yang telah mencabut Inpres No 16/1967 tentang Larangan Agama, Kepercayaan dan adat istiadat China sehingga masyarakat Tionghoa dapat bebas mengekspresikan diri merayakan Imlek di muka umum.

“Perayaan Imlek tidak hanya dirayakan masyarakat Tionghoa, melainkan juga masyarakat Betawi dimana banyak tradisi dan budaya betawi yang berakulturasi dengan masyarakat Tionghoa, dimana orang Betawi menganggap Imlek adalah hari raya, tapi bukan hari raya agama melainkan festival kebudayaan yang tidak berurusan dengan agama. Karena saat ini Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, perayaan Imlek digelar dengan saling berbagi dan mengingatkan untuk bersama melawan Pandemi,” tutur Anwar Ketua PC GP Ansor Jakarta Selatan kepada awak media.

Anwar melanjutkan, pemilihan Masjid Guru Amin juga bukanlah tanpa sebab karena Kiai Raden Haji Muhammad Amin atau yang akrab dipanggil Guru Amin adalah seorang Pahlawan Nasional dari Betawi yang telah banyak berjasa untuk agama dan bangsanya.

” Beliau dimakamkan disini, peserta yang hadir dapat juga berziarah untuk mengingat jasa dan perjuangan beliau sebagai penyemangat generasi muda khususnya GP Ansor dan BANSER Jakarta Selatan untuk bisa mengikuti langkah beliau,” tambahnya.

Tempat yang sama, Ketua Bamus Betawi Jakarta Selatan Ubaydillah Yusuf menuturkan,

“Kegiatan bersama teman teman lintas agama, juga teman-teman dari Ansor Banser Jakarta Selatan mudah mudahan ini bisa berjalan setiap hari Jumat, dan bisa membawa manfaat sedikit buat masyarakat luas,” ucap Ubaydilla.

Sementara itu, Pengurus Koordinator Wilayah Jakarta Selatan Forum Wartawan Jakarta, Khanza Haryati disela-sela kegiatan,
Saya sangat mengapresiasi dan bersyukur FWJ diberikan kesempatan untuk bisa bersinergi bersama oragnisasi-organisasi lain khususnya Bamus Betawi, GP Ansor dan Banser tepat di hari raya Tahun Baru Imlek,” tutur Khanza selaku koordinator FWJ Jaksel.

Khanza melanjutkan, ” kedepan kita harus dapat saling berbagi, dan menyatukan perbedaan dalam kerukunan umat beragama, dan bisa bersinergi dengan organisasi lain demi menjaga keutuhan NKRI dan menjunjung tinggi tali silahtuhrahmi antar golongan,” pungkasnya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply